468x60 Ads

Makalah,Laporan Proses Pemucatan (Bleaching) Minyak Sawit

LAPORAN TETAP
PRAKTEK PENGOLAHAN KOMODITI HASIL PERTANIAN

OLEH
AHMAD BAIHAQI .A
NPM 03090001

PROGRAM STUDI TEKNOLOGI HASIL PERTANIAN
FAKULTAS PERTANIAN
POLITEKNIK SYEKH SALMAN AL-FARISI RANTAU
2010

KATA PENGANTAR
Puji syukur saya panjatkan kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena telah memberikan limpahan rahmat dan nikmat-Nya sehingga saya dapat menyelesaikan. Laporan ini tepat waktu. Tidak lupa saya ucapkan terima kasih pertama kepada dosen pembimbing, anggota kelompok, beserta semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan laporan ini.
Belajar adalah nafas kehidupan bagi pelajar atau mahasiswa. itulah kesan yang mengapung kepermukaan selama ini. Karena hampir tidak pernah ditemukan pelajar atau mahasiswa yang tidak belajar selama berstudi. Yang ada hanyalah perbedaan frekuensi belajar dengan hasil yang bervariasi. Belajar dan selalu belajar adalah tugas mereka. Dengan sedikit pengecualian tentu saja tidak ada alasan untuk tidak belajar. Setiap hari harus belajar.
Didalam laporan ini tentu saja memiliki banyak kekurangan namun terdapat pula keistimewaan didalamnya, seperti kata pepatah tak ada gading yang tak retak, begitu juga halnya dengan laporan ini. Karenanya dengan segala kerendahan hati saran-saran dan kritik yang konstruktif sangat diharapkan dari pembaca demi peningkatan kualitas laporan ini di masa mendatang.
Akhirnya, kami ucapkan banyak terimaksih kepada pihak-pihak yang telah membantu kami dalam menyusun laporan ini, dan harapan kami adalah mudah-mudahan laporan ini bermamfaat dan benar-benar memperolah pemahaman secara menyeluruh dan lengkap.

Rantau, Desember 2010
Penyusun,


Ahmad Baihaqi. A


DAFTAR ISI

HALAMAN JUDUL…………………………………………………………… i
KATA PENGANTAR………………………………………………………….. ii
DAFTAR ISI……………………………………………………………………. iii
TUJUAN PRAKTIKUM……………………………………………………….. 4
LANDASAN TEORI…………………………………………………………... 4
ALAT …………………………………………………………………………… 6
BAHAN…………………………………………………………………………. 6
CARA KERJA TEORITIS……………………………………………………… 6
CARA KERJA SKEMATIS…………………………………………………….. 7
HASIL PENGAMATAN……………………………………………………….. 8
PEMBAHASAN………………………………………………………………… 10
KESIMPULAN…………………………………………………………………. 10
DAFTAR PUSTAKA…………………………………………………………... 11



PEMUCATAN (BLEACHING)
I. DASAR TEORI   
            Tujuan pemucatan untuk menghilangkan zat warna yang tidak disukai dalam minyak. Dalam proses pemucatan minyak digunakan adsorben, yaitu suatu zat yang dapat mengadsorb zat warna, bau dan zat-zat volatile lainya. Adsorben yang dipergunakan dalam pemurnian minyak biasanya merupakan campuran karbon aktif dan tanah pemucat alam (Fullers Earth, Florida, Earth, Bentonite dan Japonese Earth) dengan perbandingan 1 : 8,1 : 10 atau 1 : 5. Campuran yang paling efektif dan ekonomis akan diperoleh berdasarkan  percobaan-percobaan dan pengalaman. Untuk minyak kelapa absorben yang dipergunakan 0,1 – 5 %, minyak yang diperoleh sampai tahap ini disebut “Refoned Oil”.

Untuk makalah lengkapnya dapat di  Download disini

0 komentar: